Jumat, 17 Desember 2010

Si Penemu Mikroskop





Zacharias Janssen adalah seorang ilmuwan yg brasal dari Belanda. Dia adalah penemu mikroskop pertama untuk melihat benda-benda yang sangat kecil.Dengan adanya mikroskop ini memberikan pengaruh besar pada perkembangan ilmu pengetahuan, karenatidak sedikit penemuan-penemuannya yg besar yg sangat bermanfaat bagi peradaban dunia yg teliti dengan menggunakan mikroskop.



Pada tahun 1590,bersama dengan ayahnya,beliau berhasil menciptakan sebuah mikroskop dengan menggunakan lensa cembung dan cekung untuk mikroskop tersebut dibuat disempurnakan oleh campini,seorang ilmuwan yg berasal dari italia,pada tahun 1668.Kemudian Anton van leuwenhoek,seorang ilmuwan yg brasal dari belanda,merasa bahwa mikroskop yg dibuat oleh janssen kurang sempurna.Akhirnya beliau membuat mikroskop yg memiliki daya pembesar sampai dengan 270 kali pada tahun 1660,sehingga memudahkan untuk melakukan penelitian terhadap mikroorganisme dan sel-sel darah manusia.

Walaupun mikroskop yg digunakan saat ini memiliki kemampuan pembesar yg sangat besar,namun Janssen tetap dikenal sebagai orang pertama yg telah berhasil menciptakan mikroskop, yg mengantar pada evolusi langsung dari lensa yg dibuat untuk pengguna kacamata.?


Tidak ada komentar:

Posting Komentar